PUGUH ALAKADARNYA

FROM KUPER TO SUPER

Adab Keluar Rumah Bagi Wanita

Hanya ingin berbagi pengetahuan saja dengan kaum hawa. Iseng baca-baca di asysyariah.com dapat artikel bagus ni kawan. Berikut ini artikelnya…

Saudariku muslimah …

Telah termaktub dalam Al Qur’an, ayat yang berbunyi:

وقرن في بيوتكن

“Dan tetaplah kalian tinggal di rumah-rumah kalian.”

Perintah untuk berdiam di dalam rumah ini datang dari Dzat Yang Maha Memiliki Hikmah, Dzat yang lebih tahu tentang hal yang memberikan maslahat (kebaikan) bagi hamba-hamba-Nya. Ketika Dia menetapkan wanita harus berdiam dan tinggal di rumahnya, Dia sama sekali tidak berbuat lalim kepada wanita, bahkan ketetapan-Nya itu sebagai tanda akan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya.

Saudariku muslimah …

Meskipun syariat mengatur kamu harus tinggal di rumahmu, namun bila ada kepentingan darurat, dibolehkan bagimu keluar rumah dengan memperhatikan adab-adab berikut ini:

- Kenakanlah hijabmu yang syar’i .1

Allah SWT berfirman:

ياأيها النبي قل لأزواجك وبناتك ونساء المؤمنين يدنين عليهن من جلابيبهن ذلك أدنى أن يعرفن فلا يؤذين

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu dan putri-putrimu serta wanita-wanitanya kaum mukminin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbab-jilbab mereka di atas tubuh mereka. Yang demikian itu lebih pantas untuk mereka untuk dikenal (sebagai wanita merdeka dan wanita baik-baik) sehingga mereka tidak diganggu … “(Al-Ahzab: 59)

- Hindari memakai wangi-wangian karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كل عين زانية. والمرأة إذا استعطرت فمرت بالمجلس فهي كذا وكذا

“Setiap mata itu berzina. Bila seorang wanita memakai wewangian kemudian ia melewati majelis laki-laki (yang bukan mahramnya) maka wanita itu begini dan begitu. “(HR. At-Tirmidzi no. 2937, dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi, no. 2237)

Dalam riwayat Ahmad (4 / 414):

أيما امرأة استعطرت فمرت بقوم ليجدوا ريحها فهي زانية

“Wanita mana saja yang memakai wangi-wangian, kemudian ia melewati satu kaum agar mereka mencium wanginya, maka wanita itu pezina.” (Dihasankan oleh Asy-Syaikh Muqbil dalam Al-Jami’us Shahih, 4 / 311)

- Ketika berjalan, janganlah menggesek-gesekkan sandal / sepatumu dengan sengaja dan tidak menghentak-hentakkan kakimu agar terdengar suara gelang kaki yang engkau kenakan, karena Allah SWT berfirman:

ولا يضربن بأرجلهن ليعلم ما يخفين من زينتهن

“Dan janganlah mereka (para wanita) memukulkan kaki-kaki mereka ketika berjalan agar diketahui apa yang disembunyikan dari perhiasan mereka.” (An-Nur: 31)

- Jangan pula engkau berlenggak lenggok ketika berjalan sehingga mengundang pandangan pria sementara RasulMu Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang mulia telah mengabarkan:

المرأة عورة فإذا خرجت استشرفها الشيطان

“Wanita itu aurat maka bila ia keluar rumah setan menyambutnya.” (HR. At-Tirmidzi no. 1183, dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani dalam Irwaul Ghalil no. 273, dan Asy-Syaikh Muqbil dalam Ash-Shahihul Musnad, 2 / 36)

Setan menjadikan pandangan pria tertuju ke si wanita, menghias-hiasi dan mempercantiknya dalam pandangan pria sehingga mereka terfitnah dengan wanita tersebut.2

- Bila engkau berjalan bersama saudaramu atau temanmu sesama wanita sementara di sana ada pria, maka tahanlah untuk berbicara, bukan karena suara wanita itu aurat namun karena kekhawatiran pria akan terfitnah ketika mendengar suara wanita. Bila terpaksa berbicara dengan lelaki (yang bukan mahrammu), berbicaralah dengan wajar tanpa mendayu-dayu dan melembut-lembutkan suaramu. Demikianlah yang Allah SWT perintahkan dalam firman-Nya:

فلا تخضعن بالقول فيطمع الذي في قلبه مرض وقلن قولا معروفا

“Maka janganlah kalian melembut-lembutkan suara3 ketika berbicara sehingga berkeinginan jeleklah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (Al-Ahzab: 32)

- Bila engkau telah menikah, minta izinlah kepada suamimu ketika keluar rumah sampaipun engkau hendak keluar untuk shalat di masjid, sebagaimana diisyaratkan permintaan izin ini pada sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إذا استأذنت امرأة أحدكم إلى المسجد فلا يمنعها

“Bila istri salah seorang dari kalian minta izin ke masjid maka janganlah ia melarangnya.” (HR. Al-Bukhari no. 873 dan Muslim no. 442)

- Bila jarak perjalanan yang ditempuh adalah jarak safar maka engkau harus didampingi mahrammu karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ولا تسافر المرأة إلا مع ذي محرم

“Tidak dapat seorang wanita safar kecuali bersama mahramnya.” (HR. Muslim no. 1341)

- Hindarilah dari berdesak-desakan dengan pria

- Berhiaslah dengan rasa malu

- Tundukkanlah pandangan matamu, jangan melemparkannya ke kiri dan ke kanan kecuali bila ada kebutuhan, karena Allah SWT berfirman:

وقل للمؤمنات يغضضن من أبصارهن

“Dan katakanlah kepada wanita-wanita mukminat: Hendaklah mereka menundukkan pandangan-pandangan mereka …” (An-Nur: 31)

Saudariku muslimah …

Demikianlah beberapa adab Islami yang patut kamu pegangi saat keluar dari rumahmu, sungguh kemuliaan kan kau raih bila senantiasa berpegang dengan adab yang diajarkan agamamu. Sebaliknya kehinaan kan kau terima ketika ajaran agamamu engkau tinggalkan jauh di belakang punggungmu. Semoga Allah memberi taufik kepada kita untuk selalu mengikuti kebenaran dan berpegang teguh dengannya sampai tiba saatnya pertemuan dengan Allah. Amin …

semoga bermanfaat .. :) kunjungi juga sumber referensinya juga ya kawan ….

Sumber : http://www.asysyariah.com

 

4 responses to “Adab Keluar Rumah Bagi Wanita

  1. Hendry Ferdinan 23/03/2011 pukul 15:24

    Bila engkau telah menikah, minta izinlah kepada suamimu ketika keluar rumah sampaipun engkau hendak keluar untuk ke masjid.. ada gk mas cewek jaman sekarang seperti ini :-)

  2. gunawank 22/03/2011 pukul 15:05

    Wanita yang terhormat adalah yang mau menjaga kehormatannya……..
    kunjungan balik nih. Terima kasih atas kunjungannya di http://gunawank.wordpress.com/2011/02/14/tips-cara-pasang-link-teman-atau-website-favorit/

Budayakan Berkomentar Untuk Para Pembaca :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.