PUGUH ALAKADARNYA

FROM KUPER TO SUPER

Membuat Foto Robek

Mungkin sudah banyak yang tahun tentang tutorial ini, apalagi buat yang suka mengunjungi Mbah Dewo, tempat saya belajar Photoshop,  jadi saya hanya iseng saja sebenarnya, hehehe buat ngisi blog. Pada tutorial Photoshop yang ke dua ini saya akan mencoba untuk belajar dan juga mencoba untuk berbagi dengan kawan yang suka mencoba hal-hal baru tentang desain foto dengan Photoshop tentunya. Kita akan membuat efek foto yang terlihat robek ala Photoshop. Karena sekedar contoh saja saya akan menggunakan foto David Beckham, maklum saja fotonya waktu pose jadi model emang pas untuk dijadikan contoh, lagi pula saya juga ngefans sama dia, hehehe. Berikut ini langkahnya :

 

1. Tentunya buka dulu foto yang ingin diedit.

2. Sekarang kita buat seleksi dengan Lasso Tool (Lihat Gambar A). Buat seleksinya memotong sebagian dari foto. (Lihat Gambar B).

3. Setelah proses seleksi pemotongan sekarang simpan hasil seleksinya dengan cara Select > Save Selection (Lihat Gambar A) dan di sini saya simpan dengan nama “Sobek” (Lihat Gambar B)

4. Kemudian pilih Channels pada palet yang terletak pada pojok kanan bawah. Lalu pilih pada hasil seleksi atau channel “sobek” (Lihat Gambar)

5. Untuk membuat tepian menjadi otomatis tidak rata, kita pilih Filter > Pixelate > Crystalize (Lihat Gambar A). Isikan nilainya sesuai dengan yang kita inginkan saja. Sebagai contoh saya memasukan nilai 5 (Lihat Gambar B)

6. Pilih dan klik icon Load channel as selection dan kembali klik RGB agar kita kembali ke channel awal tadi, namun sekarang kita sudah mempunyai hasil seleksi yang tidak rata (Lihat Gambar)

7. Kembali lagi ke Layers dan tekan Ctrl + J pada keyboard untuk membuat duplicate dari hasil potongan seleksi (Lihat Gambar)

8. Klik pada layer Background dan tekan Ctrl + J pada keyboard untuk membuat Background copy

9. Selanjutnya tekan Ctrl + klik pada nama Layer 1, (ingat klik pada gambarnya). Namun layer yang aktif masih tetap pada layer Background copy (Lihat Gambar A). Sekarang kita tekan Delete atau Del pada keyboard untuk menghapus area yang berada dalam seleksi tadi.(Lihat Gambar B)

10. hilangkan seleksi, dengan cara memilih menu Select > Deselect

11. Setelah itu klik atau pilih pada layer Background (Lihat Gambar A). Pilih Edit > Fill (Lihat Gambar B) dan pada bagian Use pilih White serta pada Opacity isikan 100% agar isi layer berganti menjadi warna putih (Lihat Gambar C)

12. Saatnya pengaturan posisi, aktifkan Layer 1 (Lihat Gambar A). Lalu pilih menu Edit > Free Transform (Lihat Gambar B). Atur posisi sesuai yang diinginkan, atur juga Background Copynya sesuai yang diinginkan (Lihat Gambar C)

12. Agar foto terlihat seperti hasil robekan yang nyata di sini saya tambahkan efek bayangan dengan cara pilih dan klik kanan pada Background copy > Blending Options (Lihat Gambar A). Kemudian klik pada Drop Shadow dan atur sesuai yang kita inginkan (Lihat Gambar B)

13. Sekarang kita lihat hasilnya

Gimana hasilnya …??? menurut saya hasilnya biasa saja namun namanya juga belajar bagiku ini memuaskan, hehehe ….. Anda pasti bakal kebingungan tentang tutorial yang saya tulis ini, namun kebingungan itulah yang seharusnya dijadikan bahan semangat untuk terus mencoba ….

maaf jika terjadi kesalahan, kita sama-sama belajar saja, ohh iya pada tutorial ini saya pake Photoshop CS5. semoga bermanfaat ……:)

 

10 responses to “Membuat Foto Robek

  1. bunda 23/06/2012 pukul 10:53

    bagus bgt…..b’guna bwt aq yg lg mendalami photoshop…… mantabs…………….

  2. kiki 03/11/2011 pukul 12:08

    wahhh makasi ya gan.. makin tambah ilmu saya, heheheh :)

  3. aspar 26/09/2011 pukul 19:52

    wawwwwww aku sangat tertarik dengan tutorial ini N tambah lagunya asik brow

  4. Hendry Ferdinan 27/03/2011 pukul 14:04

    krenn.. aku mo tanya mas perbedaan CS3 / CS5..:-)

Budayakan Berkomentar Untuk Para Pembaca :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.