PUGUH ALAKADARNYA

FROM KUPER TO SUPER

Mendaftar Google Plus dengan Mudah dan Cepat

Pada tulisan ini, saya hanya sekedar ingin berbagi tentang cara daftar Google Plus dengan mudah dan cepat. Google Plus, adalah sebuah jejaring sosial buatan dari Google yang akan menjadi pesaing dari jejaring sosial milik Mark Zuckerberg yaitu Facebook. Kurang lebih sudah 2 bulan Google Plus di launching, meski masih terbilang baru dan ini masih percobaan, sudah banyak orang yang memiliki akun dari jejaring sosial yang katanya memiliki fitur lebih baik dan banyak dari pada Facebook. Alhamdulillah saya sudah menjadi salah satu orang di Indonesia yang sudah memiliki akun Google Plus, apakah kawan semua ingin seperti saya memiliki akun di Google Plus ini ? Hehehe dibaca sampai habis ya tulisan saya ini.

Sebelum saya memulai caranya, saya hanya ingin berbagi sedikit cerita, pengalaman ataupun kejadian unik dan aneh saat saya mencoba dan mencoba membuat akun Google Plus. Saya ini orang yang ndeso tapi pengen banget punya akun Google Plus semenjak saya tahu bahwa Google telah merilis sebuah jejaring sosial yang akan menjadi pesaing facebook ini sekitar awal bulan Juli. Namun sayang saat saya buka www.plus.google.com yang merupakan alamat dari Google Plus, saya selalu gagal saat ingin mendaftarkan akun gmail saya ke akun Google Plus. Di bawah ini adalah screenshot dari alamat Google Plus (memang punya niat sengaja saya sempat-sempatin utk nekan tombol PrintScreen di keyboard utk memori aja saat nanti sudah punya akunnya, hehehe meskipun gagal pada akhirnya).

Seperti apa yang dikatakan oleh para blogger tentang cara daftarnya, saya langsung klik Keep Me Posted untuk memulai proses pendaftaran (seneng banget rasanya mau punya akun Google Plus). Namun saya sangat terkejut dan bingung sekali kenapa halaman yang muncul adalah halaman error seperti gambar di bawah ini :

Hampir tiap saya buka internet kalau lagi inget saya pasti sempat-sempatin untuk nyoba lagi buat akun di Google Plus, yahhh tapi yang ada ya tetap tampilan halaman error seperti yang di atas tersebut (gak punya pikiran untuk nyari sebuah solusi di google, soalnya kalo buka google pasti yang ada dipikiran cuman nyari tugas dari sekolah, jadi ya cuman nyoba dan nyoba), hmmmm sampai saya nyaris frustasi karena gak bisa daftar di jejaring sosial baru ini.

Bulan Juli berlalu, bulan Agustus yang merupakan bulan suci Ramadhan juga berlalu hingga sampailah pada hari ini (13/09/2011) sekitar jam 01.00 saya bertekad untuk mencari solusinya hingga saya dapat memliki akun Google Plus (manfaatin koneksi yang tumbenan cepat kilat). Saking semangatnya saya sampai buka window Chrome sebanyak 2 dan tentunya dalam window itu semua tab (4-5 tab) berisi tentang cara daftar Google Plus dengan keywords yang saya masukan ke Google berbeda-beda sampai saya lupa. Pada dasarnya memang banyak tutorial untuk daftar ke Google Plus, tapi itu semua gagal terus waktu saya praktekan. Sebenarnya ada sebuah solusi untuk bisa daftar, yaitu mengirim sebuah permintaan kepada seseorang (para blogger yang punya tutornya ataupun orang uang sudah memiliki akun Google Plus) untuk invite kita supaya bisa daftar ke Google Plus. Ohh ya halaman error yang selalu saya dapati waktu nyoba daftar itu menandakan bahwa Google Plus ini masih dalam tahap percobaan atau trial, dan hanya beberapa orang yang bisa daftar ke Google Plus dengan cara diinvite dari Google sendiri maupun diinvite dari orang yang sudah memiliki akunnya.

Di malam yang dingin dan rasa kantuk yang luar biasa karena kecapekan dan kurang tidur, saya akhirnya nemuin sebuah blog yang baik hati, adminnya ngasih sebuah URL yang mengarahkan saya ke sebuah halaman yang cukup mengejutkan saya, halaman itu adalah sebuah form pendaftaran untuk mendaftarkan ke Google Plus. Tanpa pikir panjang langsung saya isi semua kolom yang ada di form tersebut lalu saya klik Join. Dan luar biasanya ada ucapan Selamat Datang dari Google Plus, mungkin saya sudah berhasil membuat sebuah akun Google Plus.

Nah, dari situ lah kira-kiranya kebodohan dan keteledoran saya muncul, saya ya hanya inget terakhir ada ucapan Selamat Datang, seterusnya saya gak tau. Ini semua dikarenakan saya ngenet di laptop sambil tiduran di kasur, apalagi sudah menjelang subuh dan rasa kantuk yang luar biasa membuat saya ketiduran meninggalkan laptop yang masih menyala dan sebuah percobaan yang sepertinya berhasil membuat akun Google Plus.

Sekitar jam 5 pagi saya dibangunin ibu saya, ehh saya langsung kaget karena baru sadar kalau laptop sudah mati dan gak tau apa yang sudah terjadi, yang jelas saya ketiduran, mungkin laptop mati sendiri karena gak kepake. Saya bergegas mandi dan sholat subuh, setelah selesai sholat saya kembali menyalakan laptop saya yang mati (lagi masuk siang, jadi bisa nyantai dulu deh pagi-pagi), dan alhasil Chrome yang saya gunakan untuk browsing terjadi appcrash, setiap saya buka terjadi Not Responding dan ada pesan appcrash terus. Padahal saya mau nge cek akun Google Plus saya sekaligus mau nge share URL yang tadi saya dapatkan dari blog yang baik tersebut. Dan pada akhirnya saya kehilangan semuanya, akun Google Plus dan juga blog tersebut  karena dengan terpaksa saya install ulang Chrome.

Tak mau berfrustasi lagi, saya segera membuat akun gmail sebanyak 2 akun, sambil mencari-cari blog yang sudah berjasa tadi, meskipun sampai sekarang tulisan ini saya buat belum saya dapetin tuh blog, rencananya yang satu untuk percobaan dan yang satu akan saya jadikan akun permanen untuk gmail maupun Google Plus (kalo berhasil sih). Saya langsung login ke gmail saya, dan tentunya membuka www.plus.google.com untuk mencoba membuat akun Google Plus. Jika tadinya setelah saya klik Keep Me Posted yang muncul halaman error, kini aneh dan beda lagi, yang muncul adalah sebuah form pendaftaran ke Google Plus, saya gak ambil screnshotnya karena emang ini saya tujukan hanya untuk percobaan (yahh walaupun agak menyesal juga sih gak bisa nunjukin bukti aslinya), tapi saya punya screenshotnya yang saya ambil dari blog daw-xp.blogspot.com yang memang sama dengan apa yang saya dapati tadi, ini screenshotnya :

Saya langsung mengisi kolom yang ada di form tersebut, dalam tahun lahir saya isikan 1994 atau berarati umur saya masih 17 tahun. Padahal menurut info yang saya dapatkan dari blog.ahlul.net umur minimal pemilik Google Plus adalah 18 tahun. Tapi tak apa kan ini hanyalah percobaan. Setelah saya klik Join/Gabung, ehhh gagal deh saya gak bisa daftar ke Google Plus, ternyata mungkin emang benar apa yang dikatakan blog tersebut bahwa minimal umurnya adalah 18 tahun.

Seusai kegagalan itu saya segera Logout gmail yang gagal itu, lalu kembali Login ke gmail yang satunya. Dan tentunya saya membuka lagi www.plus.google.com untuk mencobanya kembali. Nahh di sini ke anehan muncul lagi, jika di form pertama tadi muncul form yang ada tanggal lahirnya, pada form ini gak ada, ini screenshotnya :

Saya isi kolom di form tersebut, tentunya tanpa memasukan tanggal lahir yang sebelumnya ada tapi sekarang gak ada. Lalu saya klik Gabung, Dan ….

Akhirnya setelah 2 bulan lamanya saya bisa memiliki akun di Google Plus, yahh walaupun di sini saya belum punya teman dan masih bingung mau ngapain karena gak bisa apa-apa, hehehe maklum lah namanya juga ndeso apalagi baru pertama kali, kayak pas waktu punya facebook pertama dulu, jadul gak bisa apa-apa.

Nahh , sekarang giliran saya membantu kawan untuk bergabung ke jejaring sosial baru Google Plus ini, caranya mudah kok … kawan semua harus memiliki akun gmail terlebih dahulu dan harus aktif, lalu berikan permintaannya melalui komentar di tulisan ini dan tidak lupa tentunya cantumkan gmail anda. Selagi saya buka internet pasti akan segera saya invite kawan semua yang berkomentar, tapi saya minta maaf kalau belum ada yang saya invite, maklum sebagai pelajar pasti disibukan dengan urusan sekolah. Ketika komentar anda sudah saya konfirmasi, itu tandanya gmail anda sudah saya invite, dan segera buka inbox gmail anda, ikuti tutor singkat ini :

1. Sesudah login di gmail, lihat inbox anda, akan ada pesan dari Google+ yang berisi pesan bahwa anda sudah saya undang, buka pesan tersebut.

2. Setelah anda buka akan ada tampilan seperti gambar di bawah ini, tinggal klik saja Join/Gabung Google+

3. Kemudian anda akan di bawa ke sebuah halaman Google Plus, isikan form pendaftarannya seperti gambar di bawah ini. Ingat usia anda harus 18 tahun ke atas. Lalu klik Join/Gabung.

4. Dan selamat, anda sekarang sudah memilik akun Google Plus, ohh iya jangan lupa tambahkan saya sebagai teman di Google Plus ya kawan, hehehe mari kita pelajari jejaring sosial yang baru ini.

Perlu Diingat :

  • Dalam pendaftaran Google Plus salah satu syaratnya adalah umur kita harus 18 tahun.
  • Dalam tulisan ini memang banya sekali hal yang unik dan aneh, ini dikarenakan memang Google Plus baru saja rilis dan masih trial atau percobaan  yang membuat tampilan halaman per halaman beda seperti apa yang saya tuliskan di atas tadi. Jadi jika anda menemui tutorial pendaftaran Google Plus terus disuruh buka link dan linknya membingungkan tak usah kaget, Google Plus masih dalam tahap penyempurnaan. Jadi ikuti saja tutor yang saya berikan tadi, gak usah terlalu dipikirin cerita yang aneh tapi nyata dari saya itu biar gak bingung. hehehe
  • Ketika anda sudah mendaftar sebagai pengguna Google Plus dan anda membuka situsnya http://www.plus.google.com , anda tidak akan menemui tulisan Keep Me Posted lagi, anda akan menemui halaman yang sama tapi tulisannya Masuk dan akan mengarahkannya ke  halaman dimana anda akan login akun Google Plus maupun akun Google anda.
  • Saya ucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada blog yang sudah memberikan saya sebuah URL yang mengarahkan saya ke pendaftaran Google Plus secara langsung dan tidak ribet.
maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jika anda baca akan terasa sedikit janggal dan aneh atau unik. tapi itulah yang benar-benar saya alami,, hmm itu dikarenakan Google Plus masih dalam uju coba dan masih disempurnakan agar siap untuk para penggunanya … oke semoga bermanfaaat …🙂 .. ohh ya ini tu tulisan yang seharusnya saya posting kemarin siang berhubung saya lagi sibuk, saya simpan dulu di konsep dan disempurnakan di pagi ini sambil liat Barca vs Milan. hehehe …😀

UPDATE : GOOGLE PLUS SEKARANG SUDAH BISA DIGUNAKAN UNTUK UMUM !!!🙂 BURUAN DAFTARKAN GMAIL ANDA !!!!😀

my Google+ : alakadarnya.puguh@gmail.com atau puguh alakadarnya

91 responses to “Mendaftar Google Plus dengan Mudah dan Cepat

  1. Ari Wibowo 18/05/2016 pukul 19:40

    sangat bermanfaat….

    ikutan donk…

  2. Qkeey septy 03/05/2016 pukul 15:57

    bagus sekali artikelnya kunjungi website kami juga ya Avicennawebdesain.com

  3. Agus Salam 13/09/2015 pukul 01:32

    add me ya gan

  4. Devsanti Paramitha 17/07/2014 pukul 09:12

    thanks min. . cerita ku miriipl bgt dg kejadian mu🙂

Budayakan Berkomentar Untuk Para Pembaca :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: